Beranda RILIS BERITA Aldikan Nasution : Kreatifitas dan Aktifitas Warga Binaan Merupakan Motivasi dan...

Aldikan Nasution : Kreatifitas dan Aktifitas Warga Binaan Merupakan Motivasi dan Inovasi Bagi Diri Mereka

BERBAGI

Lidikkasus.com,Jakarta – Kegiatan pembinaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang, yang dilakukan oleh Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Warga Mandiri, Cipinang, Jakarta Timur, Minggu, 30/05-2021.

Berdasarkan Informasi yang dihimpun oleh awak Media Cakra Bhayangkara News, dari Kepala Bidang Pembinaan Lapas Kelas I Cipinang, Aldikan Nasution AMd.IP, SH, MSi, melalui sambungan telepon bahwa kegiiatan pembinaan ini merupakan bagian dari tugas negara yang dilaksanakan oleh Kementrian Hukum dan Ham melalui Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Dalam kegiatan Pembinaan ini Lapas melakukan pembinaan kepada para warga binaan yang telah diputuskan Ingkra ini bukan saja menjalanin hukuman tapi juga diberikan juga pembinaan, yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Menyingung terkait kegiatan apa saja yang di laksanakan WBP Lapas Kelas I Cipinang harii ini, Aldikan Nasution membeberkan bahwa ada beberapa kegiatan yang dilakukan WBP Lapas Cipinang hari ini diantranya Pembinaan Rohani, dan Kreasi seperti bermain musik dan olah raga.

Pembinaan Kepribadian (Kerohanian) dimaksudkan untuk membangun mental dan Akhlak warga binaan sehingga pada saat berada diluar dapat beradaptasi dengan lingkungan tempat tingalnya.lain hal dengan musik, seperti kita ketahui warga binaan haus akan hiburan sehingga bermain musik merupakan satu kegiatan yang sangat diminati oleh warga binaan, kata Aldikan.

Lanjut Aldikan lagi, selain musik yang lebih menarik perhatian para penghuni Lapas adalah kegiatan olah raga yang terdiri dari olah raga bola kaki, tenis lapangan, Basket dan bola voli, semua kegiatan yang dilakukan tergantung minat dan hobi warga binaan.

Kegiatan dibidang ke agamaan baik Islam , Kristen, Budha, Hindu, serta kepercayaan lainya, semuanya, saling bergandengan saling bahu membahu, membantu satu sama lainya, demi tercapainya kebersamaan, tegas Aldikan.

Kepala Bidang Pembinaan Lapas Kelas I Cipiinang, Aldikan Nasution AMd.IP, SH, MSi, kepada awak media menyampaikan semoga program pembinaan ini dapat menuntun kembali kehidupan para warga binaan, dengan harus siap menghadapi semua masalah yang sedang dihadapi atau yang akan dihadapi tanpa dan tidak lagi harus melakukan pelanggaran aturan hukum yang sama.

” Hasil dari WBP akan dijadikan pendapatan bagi diri mereka dan keluarga apabila kreasi laku di jual, sehingga dapat membantu perekonomian keluarga,” pungkas Aldikan lagi.

Aldikan berharap masyarakat umum dapat melihat potensi WBP Lapas Cipinang agar nantinya dapat bekerja sesuai dengan potensi, bakat, serta memiliki nilai kebaikan prilaku didalam diri mereka.

Semua butuh proses bahwa gagal itu hal yang wajar tapi semangat untuk bangkit lagi harus tetap membara dalam hati. Ini sebuah motivasi dan inovasi, dan dapat dijadikan sebagai suatu pengalaman hidup yang berharga, tutup Aldikan.(Team)